Batasan Pendidikan dan Pelatihan

A. Batasan Pendidikan dan Pelatihan
Dalam konteks pengembangan sumber daya manusia, Pendidikan dan pelatihan adalah merupakan upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia, terutama untuk mengembangkan kemampuan intelektual dan kepribadian manusia. Penggunanaan istilah pendidikan dan pelatihan dalam suatu institusiatau organisasi, biasanya disatukan menjad diklat(pendidikan dan pelatihan).Unit yang menangani pendidikan dan pelatihan guru, disebut Pusdiklat (Pusat Pendidikan dan Perbedaan istilah pendidikan dan pelatihan dalam suatu institusi, secara konsep dapat dikenal sebagai berikut:
Pendidikan pada umumnya berkaitan dengan mempersiapkancalon tenaga kerja yang diperlukan oleh suatu instansi atau organisasi, sedangkan pelatihan lebih berkaitan dengan pelatihan guru yang sudah menduduki suatu pekerjaan atau tugas tertentu.Dalam suatu pelatihan orientasi atau penekanannya pada tugas yang harus dilaksanakan, sedangkan pendidikan lebih pada pengembangan kemampuan umum.Pelatihan pada umumnya menekankan kepada kemampuan psikomotor, meskipun didasari oleh pengetahuan dan sikap, sedangkan pendidikan ketiga area kemampuan tersebut(kognitifafektif, dan psikomotor) memperoleh perhatian yang seimbang, terutama pendidikan yang masih bersifat umum.
Suatu perusahaan atau organisasi yang bergerak dibidang perdagangan maupun jasa baik besar atau kecil mempunyai ciri-ciri yang membedakannya yaitu dalam kegiatan manajerial dan operasionalnya, dimana semakin besar dan berkembangnya suatu perusahaan dibutuhkan suatu penanganan baik kegiatan manajerial maupun operasional yang tepat dan mantap dari sebelumnya.




Tabel
Perbandingan Antara Pendidikan dan Pelatihan
Pendidikan Pelatihan
1. Pengembangan Kemampuan Menyeluruh
(overall) Mengkhususkan
(specific)
2. Area Kemampuan (penekanan) Kognitif,afektif,psychomotor Psikomotor dan keterampilan
3. Jangka waktu pelaksanaan Panjang ( long term) Pendek
(short term)
4. Materi yang diberikan Lebih umum Lebih khusus
5. Penekanan penggunaan metode belajar mengajar Konventional Inconventional
(interaktif)
6. Penghargaan akhir proses Gelar (degree) Sertifikat
(non-degree)


B. Pentingnya Pendidikan dan Pelatihan Bagi Guru
Pendidikan dan pelatihan dapat dipandang sebagai salah satu bentuk investasi. Oleh karena itu, setiap organisasi atau instansi yang ingin berkembang, maka pendidikan dan pelatihan bagi guru harus memperoleh perhatian yang besar. Pentingnya program pendidikan dan pelatihan bagi suatu organisasi sebagai berikut:
a. Sumber daya manusia atau dalam hal ini guru, yang menduduki suatu jabatan tertentu, mempunyai kemampuan yang sesuai engan persyaratan yang diperlukan dalam jabatan tersebut.
b. Dengan adanya kemajuan ilmu dan teknologi, jelas akan mempengaruhi suatu instansi pendidikan.
c. Di dalam masa pembangunan ini instansi-instansi, baik pemerintah maupun swasta merasa terpanggil untuk menyelenggarakan pelatihan-pelatihan bagi para guru, agar diperoleh efektivitas dan efisiensi kerja sesuai dengan masa pembangunan,

Pentingnya pendidikan dan pelatihan, seperti diuraikan diatas, bukanlah semata-mata ermanfaat bagi guru/pegawai yang bersangkutan, ,melainkan kentungan bagi instansi. Karena dengan meningkatnya kemampuan atau keterampilan para guru, meningkatkan produktivitas kerja guru.
C. Menetapkan Tujuan Pelatihan
Tujuan pelatihan pada hakekatnya ialah perumusan kemampuan yang diharapkan dari pelatiahan tersebut. Karena tujuan pelatihan ini adalah perubahan kemampuan adalah perubahan kemampuan adalah merupakan bagian dari perilaku, maka tujuan pelatihan dirumuskan dalam bentuk perilaku, maka tujuan pelatihan dirumuskan dalam bentuk perilaku (behavior objectives). Misalnya, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat melakukan pencatatan dan pelaporan secara benar. Dasar untuk menyusun tujuan pelatihan ini adalah hasil dari analisis kebutuhan pelatihan yang telah dilakukan. Biasanya tujuan pelatihan dibedakan menjadi dua, yakni:
a. Tujuan umum, yakni rumusan tentang kemampuan umum yang akan dicapai oleh pelatihan tersebut.
b. Tujuan khusus, yakni rincian kemampuan yang dirumuskan dalam tujuan umum ke dalam kemampuan khusus.

D. Persiapan Pelaksanaan Diklat
Sebelum pendidikan dan pelatihan dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan persiapan, yang pada umumnya mencakup kegiatan-kegiatan administrasi, yaitu:
1. Menyusun silabus dan jadwal diklat (penjabaran kurikulum kedalam kegiatan pembelajaran ).
2. Pemangilan dan seleksi peserta.
3. Menghubungi para pengajar atau pelatih
4. Penyusunan materi pelatihan, serta penyediaan bahan-bahan referensi.
5. Penyiapan tempat,akomodasi peserta (bila perlu), dan sebagainya.

E. Jenis Dan Metoda Pelatihan
Pelatihan bagi para Guru atau pegawai disuatu instansi-instansi, biasanya dikelompokkan menjadi 2, yakni pelatihan sebelum menjalankan tugas atau pekerjaan (pre-service training), dan pelatihan setelah menjalankan tugas (In service training).
a. Pre-service Training
Sebelum karyawan menjalankan tugasanya atau pekerjaannya, karyawan tersebut harus menjalani pelatihan yang biasanya disebut pelatihan pra jabatan atau “pre-service training”. Oleh karena itu,pelatihan ini diikuti oleh para pegawai baru atau calon pegawai baru disuatu instansi-instansi pendidikan.Tujuan pelatihan ini, utamanya memberikan wawasan kepada para pegawai baru atau calon pegawai baru tersebut terhadap instansi-instansi tempat mereka bekerja.
b. In-service Training
Pelatihan ini ditujukan kepada Guru yang sudah bekerja diberbagai unit atau devisi dari suatu instansi-instansi, oleh sebab itu disebut pelatihan dalam jabatan atau “In-service training”. Tujuan pelatihan ini, adalah untuk meningkatkan kinerja Guru yang bersangkutan.Dilihat dari cara pendekatan yang digunakan, pelatihan dalam jabatan ini dibedakan menjadi dua, yakni: pelatihan di luar tugas (off the job training) dan pelatihan di dalam tugas (off the job training) dan pelatihan didalam tugas (on the job training).





BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
1. KESIMPULAN
Dari pemaparan makalah ini kami dapat menyimpulkn bahwa Pengelolaan data peserta diklat tersebut yang di kelola oleh bagian data dan informasi ini memerlukan sistem informasi yang dibantu oleh komputer yaitu berupa tujuan pendiklatan karena pada dasarnya, di pelatihan ini sudah cukup untuk mengukur tingkat profesionalan setiap Guru. Oleh sebab itu penulis ingin menangani masalah tersebut, sehingga pengelolaan data akan menjadi lebih efektif, efisien serta akurat.
Keselamatan kerja menunjuk kepada kondisi – kondisi fisiologis-fisikal dan pisiologis tenaga kerja yang diakibatkan oleh pendiklatan yang disediakan oleh pemerintah. Jika sebuah instansi/pemerintah melaksanakan tindakan – tindakan keselamatan yang efektif, maka tidak akan ada lagi kecelakaan dalam pendiklatan guru itu sendiri, hal ini akan lebih mempercepat kesejahtraan seorang peserta diklat yang nantinya juga berimbas pada hasil – hasil produksi dari lembaga pendidikan ini
Peranan departemen pendidikan merupakan peranan yang sangat vital dalam perusahaan, departemen inilah yang merencanakan program-program pendidikan pada setiap peserta diklat sampi dangan pelaksanaannya.



2. SARAN
Adapun saran yang dapat kami berikan adalah sebagai berikut :
Pendiklatan dalam hal ini instansi pendidikan harus merencanakan atau membuat program yang berkesinambungan mengenai peserta diklat ini. Lembaga pendidikan hendaknya tidak tinggal diam apabila ditemukan terjadi kecelakaan pada saat proses belajar dikelas sedang berlangsung.
Kecelakaan pada saat proses belajar-mengajar merupakan resiko, dimana bagian dari pekerjaan, untuk itu lembaga pendidikan hendaknya mencegah dalam hal ini melakukan perlindungan berupa kompensasi yang tidak dalam bentuk imbalan, baik langsung maupun tidak langsung, yang diterapkan oleh Departemen Pendidikan kepada peserta diklat/guru. Proteksi atau perlindungan guru merupakan keharusan bagi sebuah lembaga pendidikan.
Sehingga, dengan demikian guru/pendidik yang belum pernah mengikuti proses pendiklatan ini dapat ikut andil dalam mencapai keeektifannya sebagai guru yang professional.







DAFTAR PUSTAKA

 www.google.com, mengenai pendiklatan guru TK
 Buku manajemen system pelatihan,
 Pendidikan dan latihan guru.com
Category: 1 komentar

1 komentar:

quintusvala mengatakan...

Slots Casinos & Slot Machines - Mapyro
Looking 광주 출장마사지 for free casino slots? 안산 출장안마 At Mapyro, we 김제 출장안마 have 상주 출장샵 everything you need to know to make a slot 정읍 출장안마 deposit. See what casinos are legal and the best online slots

Posting Komentar